Sepuluh jembatan terpanjang di dunia

Indonesia sekarang bisa berbabangga punya jembatan Suramdu yang sangat panjang (5.238 meter), yang menghubungkan Pulau Jawa di Jatim (Surabaya) dan Pulau Madura. Namun bila dibandingkan dengan jembatan panjang lainnya di dunia, ternyata ada jembatan lain yang jauh lebih panjang. Dan hebatnya kebanyakan jembatan terpanjang di dunia itu berada di negeri cina sehingga sejak studi kelayakan hingga pelaksanaan projek, para insinyur dari Cina banyak membantu dalam projek pembangunan Jembatan Suramadu.
Sampai saat ini, jika jembatan terpanjang yang dimaksud diukur dari ruas jembatanyang diatas air, maka jembatan yang terpanjang adalah jembatan Lake Pantchartrain (38.420 meter) terdapat di Louisiana, New Orleans, Amerika Serikat. Tetapi,
jika total dengan yang melayang-layang di atas daratan (viaduct) dan diatas air, maka yang terpanjang adalah jembatan Bang Na Exspressway di Thailand yang panjangnya mencapai 54 Km. Baiklah, kita sebut saja pengertian jembatan adalah yang keseluruhan ruasnya berada di atas air, bukan daratan. Maka, kesepuluh jembatan terpanjang di dunia adalah:
  1. Ake ontchartrain (38.420 M) terdapat di Louisiana, New Orleans, AS.
  2. Bridge Donghai (32.500 M), merupakan jembatan terpanjang di Asia dan juga merupakan jembatan terpanjang yang melintasi lautan, terletak di Shanghai, Cina.
  3. King Fahd Causeway (28.000 M) melintasi bendungan yang menghubungkan antara Saudi Arabia dan Bahrain.
  4. Chesapeake Bay Bridge (24.140 M) melintasi teluk Chesapeake di Maryland AS.
  5. Vasco da Gama Bridge (17.200 M) jembatan terpanjang di daratan Eropa yang melintasi sungia-sungai di Kota Lisbon, Portugal.
  6. Penang Bridge (13.500 M) menghubungkan antara pulau Penang dan Malaysia.
  7. Rio Bridge-Niteroi (13.290 M) menghubungkan kota Ri de Janeiro di Brazil dan Niteroi.
  8. Union Bridge (12.900 M) menghubungkan antara pulau Prince Edward dan dataran New Brunswick di Kanada.
  9. San Mateo-Bridge Hayoard (11.265 M) melintasi teluk california dan San Fransisco AS.
  10. Seven MileBridge (10.887 M) menghubungkan antara Teluk Meksiko dan daratan di Florida, AS.
Sampai saat ini, di beberapa negara sedang dilaksanakan pembangunan jembatan-jembatan yang mungkin panjangnya melebihi daftar diatas, maka tentunya daftar di atas akan mengalami perubahan dari tahun ke tahun.
Contohnya, calon jembatan terpanjang berikutnya adalah jembatan Qatar Bahrain Bridge yang panjangnya mencapai 40 Km yang sedang di bangun oleh negara kaya minyak, Qatar dan Bahrain.
Jangan kaget dulu, sebab sedang sedan di bangun juga jembatan terpanjang dan rekornya akan segera di pecahkan oleh The Beijing-Shanghai express Railway yang penjangnya mencapai 164 Km!!! Keduanya di tergetkan selesai tahun 2013.
Lalu jembatan mana yang paling luas dan paling lebar di dunia??? Ada!!! Sydney Harbor Bridge, Australia. Terdapat 16 jalur mobil, 8 jalur di tingkkat bawah dan 8 jalur ditingkat atas....
(koran PR 26 Juli ’09 hal. 22, Oleh Syifa Latifa Zahida)
0 Responses